081211029060

Kandungan yang sudah memasuki usia 37 minggu, tentu menambah antusias Bunda menunggu kelahiran si kecil. Tapi, rasa khawatir turut muncul karena persalinan dapat terjadi kapan saja. Terutama bagi Bunda yang mau melahirkan anak pertama dalam keadaan normal dan belum memiliki pengalaman apa pun. Tentu rasa cemas dan takut itu akan semakin menjadi.

tanda melahirkan sudah dekat

Tanda-tanda kontraksi hanya bisa dilihat dan dirasakan oleh calon Bunda langsung. Orang sekitar hanya bisa melihat perubahan pada tubuh Bunda sebagai penanda usia kandungan sudah dekat. Bagi Bunda yang khawatir dan cemas tentang proses persalinan, coba perhatikan 8 tanda-tanda melahirkan sudah dekat berikut:

1. Kontraksi yang Lebih Sering

Bunda akan lebih sering merasakan kontraksi pada trimester ketiga daripada sebelumnya. Baik itu kontraksi palsu maupun sungguhan. Bunda harus bisa membedakan bahwa kontraksi palsu hanya terasa di daerah perut atau panggul.

Sementara kontraksi menjelang persalinan terasa pada bagian bawah punggung lalu berpindah ke bagian depan perut. Intervalnya pun semakin sering dengan rasa sakit bertahap. Sebab, pada kontraksi ini, rahim bagian atas akan mengencang dan membantu mendorong bayi menuju jalan keluarnya.

2. Merasa Kram di Beberapa Bagian Anggota Tubuh

Kram yang terasa pada bagian pangkal paha dan punggung seperti masa pramenstruasi, merupakan tanda waktu melahirkan sudah dekat. Hal ini disebabkan otot dan sendi pada tubuh meregang serta bergeser yang dipersiapkan untuk proses melahirkan.

3. Pecahnya Air Ketuban

Air ketuban merupakan tanda-tanda melahirkan sudah dekat yang paling mudah dikenali. Air yang warnanya putih bening ini dapat keluar seperti tetesan dan mengucur deras.

Jika sudah mengucur deras, maka Bunda harus berhati-hati. Usahakan secepat mungkin mendapat pertolongan dokter, sebab air yang melindungi bayi dari serangan kuman telah keluar. Kemungkinan bayi bisa terkena infeksi semakin besar jika sampai terjadi kekeringan.

4. Perubahan Serviks

Leher rahim akan mengalami perubahan dalam rangka mempersiapkan kelahiran. Penyebabnya karena bayi sudah bergerak turun dan kepala mendorong ke bawah. Proses terjadinya bisa beberapa minggu atau hari sebelum persalinan. Bunda akan merasakan sakit untuk beberapa saat dan dorongan untuk ke kamar kecil menjadi lebih sering.

5. Keluar Cairan Kental

Semakin mendekati hari persalinan, maka cairan kental berwarna putih akan sering keluar melalui genitalia bersama darah. Cairan ini merupakan penyumbat leher rahim selama proses kehamilan. Mulut serviks yang melebar menyebabkan pelindung janin dari kuman ini keluar yang bercampur dengan darah.

6. Sulit untuk Tidur

Susah tidur karena terus merasa gelisah di malam hari bisa jadi pertanda bahwa proses melahirkan sudah dekat. Ini merupakan bentuk kontraksi halus yang menandakan jika air ketuban bisa pecah sewaktu-waktu. Usahakan mengambil tidur di siang hari agar Bunda mempunyai tenaga ketika proses melahirkan datang.

7. Bayi yang Mulai Turun

Pada usia kandungan memasuki trimester akhir, Bunda akan merasakan jika bayi merosot turun hingga ke panggul. Hal ini disebut pengenduran, yaitu proses bayi menata kepalanya agar berada di bawah, tepat pada jalur keluarnya.

Proses ini akan meringankan tekanan diafragma Bunda dan memudahkan dalam bernapas. Namun, efeknya ada pada tekanan kandung kemih yang lebih banyak sehingga Bunda dapat pergi ke kamar kecil lebih sering.

Bagi Bunda yang baru pertama kali hamil, mungkin proses pengenduran ini terjadi pada masa menjelang melahirkan.

8. Berat Badan Menurun

Di waktu persalinan yang semakin dekat, berat badan Bunda akan kembali normal bahkan mungkin menurun. Hal ini wajar karena berkurangnya air ketuban atau kandung kemih di dalam tubuh. Bunda tidak perlu cemas berat si kecil ikut menurun karena bayi masih mendapatkan berat badan sehat.

Itulah tanda-tanda melahirkan sudah dekat yang dapat Bunda kenali sebagai persiapan menunggu si kecil lahir. Tetap tenangkan pikiran dan jangan terlalu membawanya menjadi beban. Semoga si kecil lahir dengan selamat, ya Bunda.